10 Bahaya Begadang untuk Kesehatan Tubuh

Begadang adalah keadaan dimana seseorang berjaga tidak tidur sampai larut malam. Manusia secara normal harus tidur minimal delapan jam sehari. Sedangkan untuk kasus begadang ini, jam tidurnya kurang dari enam jam. Mengapa kita harus cukup tidur? Karena dengan tidur, kita dapat mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari aktifitas sehari-hari. Kita membiarkan tubuh memperbaiki metabolisme dengan cara tidur. Tidur akan merileksasikan pikiran Anda. Sehingga ketika Anda bangun, Anda akan merasa lebih segar, lebih fit, dan siap untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Waktu paling baik untuk tidur pada malam hari adalah antara tujuh sampai delapan jam sehari. Orang yang terbiasa tidur kurang dari enam jam setiap harinya beresiko 48% mengidap penyakit jantung, hipertensi, obesitas serta meninggal di usia muda karena serangan stroke.  Sedangkan orang yang tidur lebih dari sembilan jam setiap harinya merupakan gejala awal terjadinya gangguan kesehatan. Jadi lebih baik Anda tidur secara seimbang antara tujuh sampai delapan jam, tidak kurang dan tidak lebih karena pengaruhnya yang besar bagi kesehatan tubuh Anda.

Untuk kasus seseorang yang begadang, otomatis tidak dapat memenuhi waktu minimal untuk tidur yaitu delapan jam sehari. Banyak hal negatif yang dapat muncul akibat kurang tidur, diantaranya adalah konsentrasi menurun, tidak fokus, tidak bersemangat, merasa lemas dan mengantuk, serta emosi naik atau mudah marah. Begadang banyak menyebabkan kerugian fisik dan psikis seseorang. Secara fisik, orang yang begadang secara tidak langsung mencegah tubuh memperbarui atau memproduksi sel-sel baru dalam tubuh. Karena pada saat tidur, semua proses tersebut dapat terjadi.

Orang yang sering begadang lama-kelamaan akan muncul ciri-ciri fisik dalam tubuhnya, misalnya saja adalah wajah yang lesu, kantung mata menghitam dan berkantong, dan mata merah. Orang yang begadang juga selalu tidur larut malam dan baru bangun pada siang hari, bukan pagi hari. Kebiasaaan semacam itu harus dihindari, karena dengan bangun pagi, Anda merasa fresh dan siap menjalani aktifitas. Pada pagi hari ketika bangun tidur, Anda dianjurkan untuk minum air putih dalam volume yang banyak, hal ini bertujuan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang pada saat Anda tidur. Air putih sangat bermanfaat bagi tubuh Anda.

Alasan Begadang

Biasanya ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang harus begadang dan menerapkan pola hidup tidur selalu larut malam. Faktor-faktor yang membuat seseorang tidur kurang dari enam jam sehari tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Kerja Lembur

Seringkali begadang disebabkan karena tuntutan pekerjaan. Misalnya saja karena Anda adalah seorang pebisnis yang sibuk, atau seseorang yang workaholic. Maka bisa dipastikan Anda akan tidur larut malam karena Anda harus menyelesaikan semua pekerjaan Anda terlebih dahulu. Bisa karena besok sudah dikejar deadline atau karena Anda tidak ingin pekerjaan Anda tidak menumpuk keesokan harinya. Kerja lembur secara perlahan akan membuat Anda memforsir kerja otak dan tubuh Anda melebihi limit tubuh manusia setiap harinya. Akibatnya Anda kurang tidur, membuat kerja jantung lebih berat dan tidak mengistirahatkan tubuh Anda dengan lebih baik. Sangat mungkin dengan kerja lembur Anda tidur kurang dari enam jam sehari. Jauh dibawah anjuran tidur minimal delapan jam sehari.

2. Kerja shift malam

Kerja shift malam juga akan membalik pola tidur dan hidup Anda. Yaitu bangun pada malam hari dan tidur pada siang hari. Pola hidup seperti ini sangat tidak dianjurkan karena akan merusak semua sistem tubuh dan membuat Anda rentan terserang penyakit serta menurunnya daya tahan dan kesehatan Anda. Betapa tidak, ketika malam dimana seharusnya Anda mengistirahatkan tubuh, namun Anda memforsir tubuh untuk melakukan aktifitas, sebaliknya pada saat siang hari ketika Anda harus beraktifitas, Anda malah tidur. Kerja shift malam misalnya saja adalah pekerjaan sebagai security, jaga di supermarket 24 jam, atau jaga sebagai operator warnet 24 jam.

3. Makan terlalu banyak

Makan yang terlalu banyak juga akan membuat Anda susah tidur. Hal ini terjadi karena tubuh belum selesai melakukan pencernaan secara sempurna. Setelah makan, tubuh akan terisi energi kembali. Energi yang seharusnya digunakan untuk kegiatan dan aktivitas pada saat siang hari. Maka jika Anda makan kemudian tidur, tubuh akan kelebihan energi yang disalurkan keseluruh tubuh melalui aliran darah. Selain itu tidur dalam keadaan perut kenyang tidak akan membuat tidur Anda tenang dan lelap, namun cenderung gelisah dan mudah terbangun. Dengan begadang, banyak orang salah menafsirkan akan berakibat badan menjadi kurus. Anggapan tersebut salah, malah akan terjadi sebaliknya, Anda akan menjadi gemuk dan obesitas. Mengapa hal ini dapat terjadi? Seseorang yang kurang tidur atau istirahat cenderung tubuhnya akan memproduksi glukosa secara lebih cepat sehingga menimbulkan diabetes.

4. Insomnia

Ada suatu keadaan dimana Anda tidak ingin begadang dan ingin tidur delapan jam sehari, dimulai dari pukul sembilan malam. Namun ada hal yang menyulitkan Anda melakukannya, yaitu kebiasaan insomnia. Insomnia adalah keadaan dimana Anda kesulitan tidur. Insomnia dapat dipengaruhi oleh faktor suatu penyakit atau masalah psikologis. Namun insomnia bukanlah suatu penyakit. Insomnia dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kelainan emosional, kelainan fisik, dan pemakaian obat-obatan. Terkadang seseorang merasa insomnia karena merasa tubuh dan pikirannya tidak merasa capek atau lelah. Insomnia seringkali diobati dengan cara obat-obatan seperti obat penenang dan obat tidur yang bertujuan untuk membantu meringankan gejala stres dan membantu atau memudahkan Anda supaya dapat tidur. Hal ini kalau bisa Anda hindari karena efek pemakaian obat-obatan dalam jangka waktu lama akan merusak kesehatan Anda serta menimbulkan ketergantungan terhadap obat-obatan.

5. Terlalu asik bermain

Seringkali lupa waktu adalah alasan seseorang menjadi kurang tidur dan begadang. Lupa waktu tidak harus selalu melulu soal pekerjaan yang menumpuk atau tugas ekstra. Lupa waktu juga dapat disebabkan karena Anda terlalu asik bermain. Bermain disini bisa bermacam-macam, mulai dari nongkrong di cafe bersama teman-teman Anda, atau jalan-jalan ke mall menghabiskan waktu, serta hangout. Suasana cafe atau sekitar tempathangout Anda yang cenderung selalu ramai, akan membuat Anda lupa waktu. Belum lagi jika ditambah dengan obrolan yang menyenangkan dan mengasyikkan bersama teman-teman Anda. Secara tidak sadar Anda akan begadang dan berakibat kurang tidur atau istirahat.

Pengaruh Langsung / Efek Samping

1. Muka Pucat dan lingkaran hitam di bawah mata

Ciri fisik yang sering muncul dan terlihat jika Anda sering begadang adalah muka Anda yang terlihat lebih pucat, tidak cerah, sayu, lelah, serta muncul lingkaran hitam di bawah mata. Dapat pula terlihat mata merah dan mata yang berkantung. Selain itu, begadang akan menimbulkan serta mempercepat munculnya banyak kerut di sekitar mata. Menurut penelitian dari Phil Gehrman, PhD, CBSM, yaitu Asisten Profesor Psikiatri dan Direktur Klinis dari Program Behavioral Sleep Medicine Universitas Pennsylvania, Philadelphia mengemukakan bahwa tidur kurang dari enam jam sehari menyebabkan tubuh lebih banyak melepaskan hormon stres dan kortisol. Kortisol dalam jumlah banyak akan berakibat memecah zat kolagen dan protein dalam kulit. Kurang tidur juga berakibat tubuh lebih sedikit mengeluarkan hormon pertumbuhan, padahal hormon tersebut sangat dibutuhkan pada saat masa pertumbuhan. Hormon pertumbuhan hanya diproduksi pada saat tidur dalam keadaan tenang, nyaman dan lelap.

2. Pusing dan Susah Konsentrasi

Kurang tidur juga menyebabkan hilang fokus dan kurang konsentrasi. Ketika Anda bangun dari tidur dimana waktu tidur tersebut kurang dari enam jam, maka Anda akan cenderung bangun dalam keadaan pusing dan tidak bersemangat, lesu serta tidak bergairah. Kurang tidur juga menyebabkan Anda lebih sulit berkonsentrasi, akibatnya Anda akan menjadi pelupa. Menurut penelitian dari Amerika dan Perancis pada tahun 2009, hal yang menjadi faktor penentu otak memproses kemampuan mengingat disebut “sharp wave ripples”. Proses ini seringkali terjadi pada saat Anda tidur atau beristirahat. Proses tersebut juga membantu mengingat memori jangka panjang yaitu dengan cara mengirim informasi darihipokampus ke neokorteks yang terdapat di dalam otak.

3. Daya Tahan Tubuh Menurun

Efek samping dari kebiasaan begadang adalah daya tahan yang menurun. Daya tahan atau sistem imun dan kekebalan tubuh Anda. Contoh konkrit dari akibat terlalu sering begadang adalah Anda lebih mudah terserang flu, demam, batuk, meriang, tidak enak badan, dan lain sebagainya. Itu merupakan contoh untuk penyakit ringan yang bisa dengan mudah menyerang tubuh Anda. Masih banyak penyakit yang bisa menyerang tubuh Anda karena daya tubuh Anda menurun seperti penyakit stroke, gangguan ginjal, hati dan paru-paru, obesitas, hipertensi, dan lain sebagainya. Ketika begadang, tubuh akan diforsir untuk terus beraktifitas atau bekerja sampai larut malam, padahal pada kenyataannya tubuh memerlukan waktu untuk istirahat dan memperbarui sel-sel tubuh serta membuang racun di dalam tubuh. Jika waktu istirahat Anda kurang, otomatis kerja tubuh juga tidak sempurna sehingga efek sampingnya adalah daya tahan tubuh Anda menurun.

4. Pola Makan tidak teratur

Pola hidup begadang akan membuat Anda selalu melewatkan sarapan karena Anda akan bangun siang keesokan harinya. Akibatnya pola makan Anda menjadi terganggu dan tidak teratur. Untuk menerapkan pola hidup sehat, salah satunya adalah menjaga pola makan secara teratur dan bergizi. Dengan begadang, pola makan Anda akan jauh dari kata teratur dan sehat.

5. Mudah Mengantuk

Kebiasaan begadang berakibat Anda mudah mengantuk keesokan harinya ketika Anda bangun tidur. Hal ini terjadi akibat kebutuhan istirahat Anda belum tercukupi secara baik dan sempurna selama tujuh sampai delapan jam sehari. Kurang tidur sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. Implikasi yang sering terjadi adalah mudah mengantuk ketika siang hari. Mengantuk sangat berbahaya ketika Anda sedang mengemudi. Telah banyak kasus kecelakaan yang terjadi akibat kelalaian pengendara kendaraan baik motor maupun mobil, yaitu mengemudi dalam keadaan mengantuk. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika memperkirakan bahwa 100.000 kecelakaan mobil serta 1.500 kematian penyebabnya adalah kelelahan, penelitian ini dilakukan selama satu tahun di Amerika Serikat. Korban diperkirakan berusia di bawah umur 25 tahun.

Pengaruh terhadap Pikiran

1. Stress dan depresi

Stress dan depresi merupakan dampak yang sering timbul akibat begadang. Selain berdampak pada kesehatan fisik, kurang tidur juga menyebabkan aspek psikologis Anda terganggu. Kurang tidur menyebabkan pikiran Anda tidak tenang, cenderung gelisah dan emosi yang berlebihan. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Pennsylvania menyebutkan bahwa seseorang yang memiliki jam tidur kurang dari lima jam sehari selam tujuh hari berturut-turut akan menyebabkan stress, sedih, marah, serta kelelahan pikir. Selain itu, kurang tidur juga menyebabkan depresi. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 dengan melakukan survey terhadap 10.000 orang, menyebutkan bahwa orang yang sering begadang atau kurang tidur enam jam setiap harinya berakibat lima kali lebih rentan terserang depresi daripada orang yang cukup istirahat selama tujuh sampai delapan jam sehari. Depresi juga merupakan akibat dari insomnia.

2. Mudah Marah

Kurang tidur akan menyebabkan emosi Anda lebih susah terkontrol, cenderung meledak-ledak serta mudah marah. Hal ini dipengaruhi hormon yang diproduksi tubuh ketika Anda tidur. Ketika tidur, tubuh Anda menghasilkan hormon-hormon. Namun jika Anda kekurangan tidur, otomatis tubuh Anda hanya bisa sedikit menghasilkan hormon dalam tubuh. Mudah marah adalah implikasi dari depresi yang Anda alami akibat tidur kurang dari enam jam sehari.

3. Gelisah

Perasaan yang tidak tenang, berdebar-debar, serta cenderung sering gelisah adalah efek samping lain dari begadang. tentu hal ini akan mempengaruhi kesehatan psikologis Anda. Perasaan gelisah juga disebabkan oleh hormon-hormon di dalam tubuh. Tentu saja hormon-hormon ini mempengaruhi perasaan dan keadaan psikologis Anda. Gelisah dan perasaan yang tidak tenang disertai jantung yang berdebar-debar merupakan implikasi langsung dari akibat begadang.

 

soooo, Jangan suka tidur malam ya guys,, 🙂

147 Responses

  1. gamefly 8 bulan ago
  2. gamefly 7 bulan ago
  3. gamefly free trial 7 bulan ago
  4. g 7 bulan ago
  5. g 7 bulan ago
  6. g 7 bulan ago
  7. g 7 bulan ago
  8. g 7 bulan ago
  9. download minecraft pc 7 bulan ago
  10. download minecraft pc 7 bulan ago
  11. free minecraft 7 bulan ago
  12. Demetrius Grohs 7 bulan ago
  13. gamefly free trial 7 bulan ago
  14. gamefly free trial 7 bulan ago
  15. quest bars 6 bulan ago
  16. quest bars cheap 6 bulan ago
  17. tinyurl.com 6 bulan ago
  18. natalielise 5 bulan ago
  19. smore.com 5 bulan ago
  20. dating site 5 bulan ago
  21. pof 5 bulan ago
  22. descargar facebook 4 bulan ago
  23. minecraft games 4 bulan ago
  24. minecraft games 3 bulan ago
  25. minecraft games 3 bulan ago
  26. Barclay 3 bulan ago
  27. minecraft games 3 bulan ago
  28. quest bars cheap 3 bulan ago
  29. Natosha Szczygiel 3 bulan ago
  30. minecraft games 3 bulan ago
  31. minecraft games 3 bulan ago
  32. minecraft games 3 bulan ago
  33. quest bars cheap 3 bulan ago
  34. quest bars cheap 2 bulan ago
  35. quest bars cheap 2 bulan ago
  36. quest bars cheap 2 bulan ago
  37. quest bars cheap 2 bulan ago
  38. quest bars nutrition 2 bulan ago
  39. 客廳 1 bulan ago
  40. was coconut oil 1 bulan ago
  41. then coconut oil 4 minggu ago
  42. Relationship Advice 4 minggu ago
  43. this coconut oil 4 minggu ago
  44. Relationship Advice 4 minggu ago
  45. 메이저사이트 4 minggu ago
  46. Tujhse Hai Raabta 4 minggu ago
  47. Miss Date Doctor 4 minggu ago
  48. 메이저사이트 4 minggu ago
  49. 먹튀업체 4 minggu ago
  50. Brent Baiotto 4 minggu ago
  51. strapon vibrator 4 minggu ago
  52. 아동미술학원 4 minggu ago
  53. tinyurl.com 4 minggu ago
  54. 토토사이트 4 minggu ago
  55. tinyurl.com 3 minggu ago
  56. cannabidiol powder 3 minggu ago
  57. a coconut oil 3 minggu ago
  58. short story 3 minggu ago
  59. thrusting anal toys 2 minggu ago
  60. happy new year Wishes 2 minggu ago
  61. ps4 games 2 minggu ago
  62. video anons 2 minggu ago
  63. ps4 games 2 minggu ago
  64. app & software reviews 2 minggu ago
  65. quest bars cheap 2 minggu ago
  66. quest bars cheap 2 minggu ago
  67. go to the website 2 minggu ago
  68. amcık 2 minggu ago
  69. Click Here 2 minggu ago
  70. porumba 2 minggu ago
  71. mobile legends hack 2 minggu ago
  72. coupon code 2 minggu ago
  73. quest bars cheap 2 minggu ago
  74. headphones in ear 1 minggu ago
  75. ps4 games 1 minggu ago
  76. he said 1 minggu ago
  77. 這是暴風雨 1 minggu ago
  78. gamestop near me 1 minggu ago
  79. restaurant menu 1 minggu ago
  80. ps4 games 1 minggu ago
  81. reportehosting.com 1 minggu ago
  82. ps4 games 1 minggu ago
  83. amcık 1 minggu ago
  84. ps4 games 1 minggu ago
  85. quest bars cheap 1 minggu ago
  86. pub71.com 6 hari ago
  87. aventinesf.com 6 hari ago
  88. Ileen Collozo 6 hari ago
  89. quest bars cheap 5 hari ago
  90. George Shamir 5 hari ago
  91. ps4 games 5 hari ago
  92. Demir Leather 4 hari ago
  93. thruster vibe 4 hari ago
  94. ps4 games 3 hari ago
  95. Odette Radar 3 hari ago
  96. Hung Dandridge 3 hari ago
  97. bribe 2 hari ago
  98. ps4 games 1 hari ago
  99. sikiş izle 20 jam ago

Add Comment