10 Manfaat Oatmeal Buat Kesehatan

Oatmeal Buat Kesehatan Anda

Manfaat oatmeal menjadi tren mengingat banyaknya penyakit jantung yang mematikan di berbagai kalangan masyarakat. Oatmeal merupakan jenis makanan sehat yang menjadi sangat populer dikalangan sebagian orang yang sedang melakukan program diet. Sebenarnya oatmeal ini sebenarnya tidak hanya bermanfaat terhadap orang-orang yang sedang berdiet namun, secara luas merupakan jenis karbohidrat kompleks yang sehat. karbohidrat sangat erat kaitannya dengan energi dalam tubuh.

Oatmeal kerap kali dijadikan salah satu menu untuk sarapan pagi karena saat ini oatmeal dalam bentuk instan sudah banyak ditemui sehingga menu oatmeal ini lebih praktis dibuat. Di Indonesia sendiri hanya segelintir orang yang memanfaatkan oatmeal ini sebagai menu sarapan. Sebagian orang Indonesia hanya mengkonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat makanan, padahal oatmeal yang dikonsumsi saat sarapan memberikan efek yang lebih baik, seperti berikut ini :

1. Menurunkan Kadar Kolestrol

Mengkonsumsi oatmeal dapat menurunkan kolesterol, terutama kadar LDL atau kolesterol “buruk” dalam darah. Seseorang yang telah didiagnosa mengalami kolesterol tinggi, mulailah mempertimbangkan untuk menambahkan oatmeal pada menu harian misalnya, sebagai pilihan menu sarapan. Tidak heran ia memiliki kemampuan super untuk mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular.

2. Diet (Sangat Ampuh)

Oatmeal merupakan sumber serat yang rendah kalori yang sangat populer untuk orang yang sedang menjalankan program diet. Ketika mengkonsumsi oatmeal untuk sarapan, perut akan merasa kenyang untuk waktu yang lama. Sarapan dengan jenis makanan yang tinggi gula dan lemak akan membuat perasaan kenyang dengan  jangka waktu yang lebih singkat, lalu akan lapar lagi. Sarapan pagi, yang terdiri dari oatmela dicampur dengan potongan buah pisang misalnya, dapat mengenyangkan  tanpa khawatir akan lapar sampai waktu makan siang.

3. Mengurangi Diabetes

Oatmeal merupakan jenis makanan olahan gandum yang sangat baik untuk penderita diabetes, malahan makanan ini sangat disarankan untuk penderita diabetes. Terlebih ia juga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga dapat membantu memberikan tubuh metabolisme dan keseimbangan gula darah.

 

 

4. Mencegah Osteoporosis

Manfaat oatmeal yang pertama yaitu dapat membantu mencegah osteoporosis. Hal ini dikarenakan makanan dari gandum mengandung komponen mineral yang penting untuk kesehatan tulang. Oleh karena itu dengan mengonsumsi oatmeal secara rutin dapat membbantu Anda mencukupi kebutuhan mineral tulang, sehingga dapat mencegah terjadinya osteoporisis.

5. Mencegah Stres

Oatmeal mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memicu hormon serotonin pada otak, sehingga Anda akan merasa lebih rileks. Namun, perlu diingat bahwa jika Anda ingin beli oatmeal instan, sebaiknya Anda memperhatikan komposisinya karena bisa saja mengandung berbagai zat adiktif yang dapat berbahaya bagi tubuh Anda.

 

 

 

 

6. Mengurangi Risiko Hipertensi

Oatmeal juga mengandung serat larut yang ternyata dapat mengurangi risiko hipertensi. Terdapat sebuah studi yang menyarankan agar wanita menopause, yang cenderung mengalami hipertensi, untuk mengonsumsi oatmeal sebanyak 6 porsi dalam setiap minggu.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa oatmeal dapat menurunkan kadar kolesterol. Dimana hal ini berkaitan dengan kesehatan jantung. Oleh karena itu dengan mengonsumsi makanan sehat ini secara rutin dapat membuat jantung Anda menjadi lebih sehat.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Makanan oatmeal mengandung beberapa jenis serat yang disebut beta gluten serat. Dimana serat ini dapat membantu melindungi tubuh Anda terhadap penyakit jantung dan meningkatkan sistem imunitas. Hal ini kemudian dapat membantu sel-sel kekebalan tubuh dalam memperbaiki daerah pada bagian tubuh yang terserang infeksi bakteri.

9. Mencegah Kanker

Terdapat suatu studi yang menyatakan bahwa khasiat oatmeal dapat membantu mencegah kanker payudara. Hal ini dikarenakan serat tak larut pada oatmeal mampu menyerang sel-sel-karsinogen dan menurunkan kadar hormon estrogen dalam tubuh, sehingga mencegah perkembangan kanker pada tubuh Anda.

10. Menghilangkan Bekas Jerawat

Masker oatmeat yang dicampur dengan air jeruk nipis sangat efektif mengangkat segala kotoran yaang melekat pada wajah dan mamapu mempertahankan keasaman atau PH seimbang pada kulit wajah sehingga dapat mencegah munculnya bakteri penyebab jerawat.

Add Comment