13 Cara Merawat Kulit Secara Alami dan Tradisional

Sejak zaman dahulu, ada berbagai metode yang diterapkan oleh wanita Indonesia untuk merawat kulit mereka agar tetap sehat, halus, lembut, dan segar bercahaya.

Sayangnya, di era modern ini, banyak wanita yang tidak sempat melanjutkan tradisi meracik ramuan tradisional untuk merawat kulit tersebut. Selain karena tidak punya waktu, banyak wanita modern menganggap ramuan tradisional terlalu kuno untuk mereka terapkan.

Padahal, bahan-bahan alami yang terkandung di dalamnya sudah terbukti bisa membantu mengatasi berbagai masalah kulit tanpa efek samping berbahaya.

Faktanya, sebagus apapun produk perawatan kulit yang dikemas dengan berbagai bentuk menarik tersebut, ternyata di dalamnya mengandung bahan-bahan yang justru berbahaya bagi kulit apabila digunakan dalam jangka panjang. Sebut saja bahan kimia, pewarna buatan, parfum, pengawet, hingga stabilisator, yang akan dengan mudah meresap melalui pori-pori kulit dan berpotensi menyebabkan masalah kesehatan di kemudian hari.

Berbagai resiko yang bisa ditimbulkan oleh produk kosmetik modern di atas menggugah saya untuk berbagi 13 cara merawat kulit secara alami dan tradisional yang akan saya tulis di bawah ini, yang pasti akan sangat bermanfaat untuk mengurangi ketergantungan pada produk-produk kosmetik yang selama ini Anda gunakan.

Sayangnya, salah memilih kosmetik tidak hanya menyebabkan masalah kulit dalam jangka pendek, melainkan, bisa juga menyebabkan masalah kulit dalam jangka panjang dan berkelanjutan. Nah, agar resiko-resiko tersebut bisa diminimalisir Anda bisa mencoba 13 tips merawat kulit menggunakan bahan natural yang diolah dengan cara tradisional berikut ini.

1. Minum air putih minimal 2 liter per hari

Cara terbaik merawat kulit yang pertama adalah dengan rajin minum air putih, minimal 2 liter per hari. Jumlah tersebut harus di luar asupan cairan yang berasal dari sayur maupun buah-buahan. Mengapa kita membutuhkan air begitu banyak setiap hari?

Seperti organ-organ lain di dalam tubuh kita, kulit terbuat dari sel-sel yang membutuhkan air agar bisa berfungsi dengan baik. Dengan air, kelembaban kulit akan terjaga, air akan membantu untuk meningkatkan elastisitas kulit, bisa membantu kulit jadi lebih awet muda; bisa membantu mengurangi masalah kulit seperti psoriasis, garis-garis halus atau keriput, dan eksim; membantu mengeliminasi racun dari kulit dan dalam tubuh, serta membantu meningkatkan metabolisme dan memperlancar sistem pencernaan.

2. Gunakan sabun muka natural

Berikut adalah resep atau cara membuat sabun muka alami yang sehat untuk merawat kulit agar cantik dan menawan.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan :

  • 3/4 cangkir teh chamomile yang sudah diseduh lalu disaring
  • 1/4 cangkir sabun cair
  • 1/2 sdt (sendok teh) minyak almond
  • 3-4 tetes minyak vitamin E
  • 8 tetes minyak esensial lavender

Cara membuat :

  • Sediakan sebuah wadah (botol) yang bisa menampung semua bahan-bahan di atas. Kemudian masukkan sabun cair, minyak almond, minyak vitamin E, serta minyak esensial.
  • Lalu tambahkan (hasil sulingan) teh chamomile
  • Aduk hingga tercampur rata
  • Sabun wajah alami tersebut sudah siap untuk digunakan

3. Berolahraga secara rutin minimal 5 hari dalam seminggu

Banyak orang meyakini bahwa olahraga hanya berdampak positif pada kesehatan tubuh saja. Seperti kesehatan organ dalam, mulai dari jantung, paru-paru, hingga membantu meminimalisir penyakit dan meningkatkan imun tubuh. Padahal rajin bergerak atau berolahraga merupakan salah satu kunci kulit yang sehat.

Menurut dokter spesialis kulit bernama Ellen Marmur, MD, seorang profesor Dermatologi Kecantikan Kulit di Mount Sinai School of Medicine, sekaligus menulis buku berjudul: Simple Skin Beauty: Every Woman’s Guide to a Lifetime of Healthy, Gorgeous Skin, mengatakan bahwa, sebagian besar kita cenderung fokus pada manfaat kardiovaskular ketika melakukan aktivitas fisik (olahraga). Padahal, olahraga atau latihan (exercise) juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membantu menjaga kesehatan kulit serta membantu mengurangi stres.

Bagaimana olahraga bisa berdampak positif terhadap kesehatan kulit? Masih menurut Ellen Marmur, olahraga akan meningkatkan aliran darah yang berfungsi untuk memelihara sel-sel kulit dan menjaganya agar tetap sehat. Darah yang lancar akan membawa oksigen dan nutrisi dengan lebih baik; dan kemudian mendistribusikannya ke seluruh tubuh–termasuk kulit. Tidak hanya itu, darah yang lancar akan membantu tubuh membuang racun dan limbah penyebab berbagai masalah kulit secara maksimal.

4. Pijat

Manfaat utama pijat adalah untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh sehingga nutrisi dan oksigen bisa didistribusikan secara merata ke seluruh sel-sel, termasuk ke sel-sel kulit. Lakukan pijat secara rutin (seminggu sekali) mulai dari ujung kaki hingga ujung kepala untuk membantu memperlancar darah di dalam tubuh dan untuk menjaga kesehatan kulit.

5. Manfaatkan minyak kelapa murni

Minyak kelapa merupakan bahan tradisional serbaguna yang sangat baik untuk meningkatkan kecantikan dan perawatan kulit. Manfaatnya adalah untuk menguatkan jaringan epidermis kulit, membantu mengangkat sel kulit mati, melindungi kulit dari sengatan sinar matahari; mengandung antibakteri, antivirus, antijamur; dan mengandung sifat antioksidan.

Minyak kelapa bisa dimanfaatkan sebagai pelembab kulit yang sekaligus dapat berfungsi sebagai pelindung bagi kulit terhadap penyakit kronis seperti peradangan serta dermatitis atopik.

6. Alpukat

Alpukat yang sudah matang banyak mengandung vitamin. Mulai dari vitamin A, D, dan E. Selain itu, alpukat juga kaya asam lemak omega-3. Alpukat bisa dimanfaatkan sebagai masker kulit yang berfungsi untuk membantu menutrisi dan menghidrasi kulit agar kulit jadi lebih halus, lebih kenyal, dan lebih bercahaya.

7. Air lemon

Jika Anda tertarik untuk mencerahkan kulit atau mengatasi noda-noda hitam di wajah penyebab muka terlihat kusam atau gelap, Anda bisa memanfaatkan air lemon. Agar tidak terlalu keras, sebaiknya campuran air lemon dengan air biasa, lalu terapkan di seluruh kulit wajah. Namun ingat! penggunaan air lemon untuk memutihkan kulit tidak dianjurkan bagi kulit sensitif. Tipsnya, untuk mengatasi noda, terapkan air lemon hanya pada noda-noda hitam atau bekas luka saja.

8. Tanaman lidah buaya

Tanaman lidah buaya atau yang lebih dikenal dengan nama aloe vera tentu sudah tidak asing di telinga Anda bukan? Mengingat berbagai manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Lidah buaya yang mengandung anti bakteri, memiliki sifat anti peradangan dan bisa membantu mengatasi berbagai masalah kulit seperti gatal-gatal atau ruam-ruam, merupakan bahan tradisional terbaik untuk merawat kulit dan berguna untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti infeksi dan luka bakar.

9. Bengkoang

Sejak dahulu, sari bengkoang dikenal sebagai salah satu bahan alami terbaik untuk memutihkan kulit. Jika ingin memiliki kulit yang cerah dan sehat, Anda wajib memasukkan bengkoang ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Adapun cara memanfaatkannya ialah:

  • Tumbuk halus atau parut bengkoang lalu ambil airnya. Anda juga bisa memanfaatkan blender jika tidak ingin repot.
  • Usapkan air bengkoang tersebut ke seluruh kulit tubuh dan wajah
  • Diamkan beberapa saat sebelum dicuci
  • Anda juga bisa mencampurkannya dengan parutan bengkoang untuk digunakan sebagai scrub alami

10. Mentimun

Mentimun sangat baik untuk menjaga agar kulit tetap terlihat segar dan tidak kusam. Manfaat lainnya adalah untuk mengatasi pigmentasi kulit serta membantu menghilangkan lingkar hitam di sekitar mata atau yang lebih kita kenal dengan istilah mata panda. Cara memanfaatkannya:

  • Tumbuk mentimun kemudian peras dan ambil airnya
  • Usapkan air mentimun hasil perasan ke seluruh permukaan kulit di tubuh Anda
  • Diamkan selama 30 menit
  • Basuh dan mandilah seperti biasa

11. Kentang

Kentang banyak mengandung antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Manfaat utamanya adalah untuk memutihkan wajah dan kulit secara natural. Cara memanfaatkannya:

  • Kupas kentang kemudian rebus lalu tumbuk hingga halus
  • Tambahkan 2 sdm (sendok makan) susu skim
  • Aduk hingga membentuk pasta
  • Balurkan ke seluruh tubuh
  • Diamkan selama 30 menit
  • Bersihkan dan bilas dengan air dingin

12. Susu

Jika Anda ingin memiliki kulit yang kenyal dan bebas kerutan, Anda wajib mempertimbangkan susu sebagai salah satu ritual perawatan kulit Anda. Susu yang terkenal banyak mengandung vitamin D, sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen kulit. Cara memanfaatkannya:

Sediakan 1 gelas susu segar kemudian campur dengan 4 sdm (sendok makan) madu. Lalu, oleskan ke seluruh tubuh dan diamkan selama 30 menit sebelum dibersihkan dan dibilas.

13. Gunakan serum wajah alami untuk menjaga agar kulit tetap awet muda

Kalau selama ini Anda merasa berat mengeluarkan uang untuk membeli serum wajah yang harganya mahal dan hanya dapat beberapa mililiter saja, Anda bisa mempertimbangkan untuk membuat sendiri serum wajah, yang manfaatnya, juga bisa bikin wajah serta kulit tetap awet muda. Biayanya tentu jauh lebih murah jika dibandingkan dengan produk-produk yang dijual di pasaran. Bagaimana cara membuatnya?

Bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya :

  • Sediakan tiga butir vitamin C (hancurkan)
  • Tambahkan 2 sdm (sendok makan) air mawar
  • Tambahkan 1 sdt (sendok teh) minyak zaitun
  • Aduk hingga rata

Serum vitamin C di atas bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan bekas luka jserawat, mencerahkan kulit, menangkal radikal bebas,s dan mencegah penuaan dini.

Tips tampil cantik dengan kulit yang sehat

Setelah Anda menerapkan 13 cara merawat kulit secara alami dan tradisional di atas, selanjutnya tingkatkan daya tarik dan kecantikan Anda dengan tips berikut ini. Pertama-tama, ganti potongan rambut Anda dengan gaya yang paling sesuai dengan bentuk wajah Anda. Pilihlah haircut yang bisa membuat Anda terlihat beberapa tahun lebih muda. Kemudian gunakan baju wanita model terbaru yang trendy dan berkualitas. Agar kecantikan Anda makin sempurna, sempurnakan dengan kebaikan hati. Caranya, jadilah orang yang murah senyum, ringan tangan dalam menolong, dan humble saat bergaul.

Add Comment