5 Tanda Kamu Memiliki Jenis Kulit Kombinasi dan Cara Merawatnya

Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan mulus tentunya kita harus menggunakan produk perawatan yang  sesuai dengan jenis kulit wajah. Jika tipe kulit yang biasanya kamu tahu hanya kering atau berminyak, ternyata ada jenis kulit lain yaitu kombinasi yang merupakan gabungan keduanya. Menurut beberapa penelitian, jenis kulit ini justru yang paling umum dimiliki oleh banyak orang lho. Lalu, seperti apa tanda atau ciri kulit kombinasi? Simak di bawah ini!

Jika kamu masih bingung dengan tipe kulitmu, cara paling mudah untuk mengetahuinya adalah dengan mencuci muka. Bersihkan wajahmu seperti biasa dan jangan gunakan produk apapun setelahnya lalu tunggu sekitar kurang lebih 15 menit.

Jika di bagian T-zone mulai berminyak dan bagian pipi terasa kering, maka kamu memiliki jenis kulit kombinasi. Untuk mengatasinya, pilihlah pencuci muka yang lembut dan ringan serta berbahan dasar air. Facial wash dengan label soap-free juga bisa jadi pilihan.

Pada kulit kombinasi, pelembap biasanya akan membuat bagian T-zone terasa lengket, sedangkan terasa melembapkan di bagian pipi. Ada dua cara yang dapat kamu lakukan. Kamu bisa menggunakan dua pelembap sekaligus. Pilih pelembap oil-free untuk bagian T-zone dan gunakan pelembap yang berlabel moisturizing di bagian pipi. Cara kedua yang lebih praktis, pilihlah pelembap berbahan dasar air yang dapat kamu aplikasikan ke seluruh wajah.

Pori-pori menjadi salah satu masalah kulit wajah yang biasanya dialami oleh mereka yang memiliki kulit berminyak. Pada tipe kulit kombinasi, biasanya pori-pori di bagian hidung akan tampak lebih besar daripada area lain. Gunakanlah produk yang mengandung retinol, seperti AHA atau BHA, yang dapat membantu menyelesaikan masalah ini.

Wajahmu terasa kering tapi juga memiliki jerawat di beberapa bagian? Hal ini memang kerap terjadi pada mereka yang memiliki kulit kombinasi. Cara paling mudah untuk mengatasinya dalah dengan menggunakan dua masker secara bersamaan. Pilih masker untuk kulit berminyak atau berjerawat di bagian T-zone dan masker yang dapat melembapkan atau menghidrasi di bagian yang terasa kering seperti pipi.

Nggak jarang kulit juga bersisik bahkan mengelupas di bagian yang berminyak. Banyak yang mengira ini adalah kulit yang mengering, padahal hal ini bisa jadi tanda kulit kamu terkena bakteri atau jamur lho. Segera konsultasikan ke dermatologis untuk mendapatkan krim anti jamur atau sejenisnya.

491 Responses

  1. 3win8 player download 8 bulan ago
  2. 3win8 player download 8 bulan ago
  3. 918kiss malaysia 8 bulan ago
  4. bandar ceme qq 8 bulan ago
  5. turmeric Seasoning 8 bulan ago
  6. benefit of turmeric 8 bulan ago