Ini Khasiat Buah Kersen yang Katanya Bisa Jadi Obat Asam Urat

Pernah dengar buah kersen sebelumnya? Buah yang punya nama lain Jamaican cherry atau talok ini berukuran kecil-kecil berwarna merah bila sudah matang sempurna. Biasanya buah ini tumbuh terutama di wilayah-wilayah yang kering dan juga mudah tumbuh secara liar, bisa tumbuh liar bisa di tepi jalan, selokan ataupun di tengah retakan antara tembok. Meskipun tanaman ini liar, tetapi ternyata memiliki manfaat untuk menangani asam urat lho katanya. Benar atau tidak ya manfaat buah kersen itu?  Yuk simak ulasan berikut ini.

Sekilas tentang asam urat

Sebenarnya, penyakit asam urat terjadi karena tubuh tidak bisa mengeluarkan zat asam urat yang merupakan sisa-sisa pencernaan purin. Purin sendiri adalah zat yang ditemukan di berbagai makanan dan akan diubah jadi asam urat di dalam tubuh. Nah, sayangnya pada orang yang mengalami kondisi ini, zat purin terlalu banyak di dalam tubuh sehingga membuat kadar asam urat meningkat.

Penumpukan asam urat ini selanjutnya akan menumpuk di daerah persendian, terutama sendi-sendi kecil. Kondisi ini yang kemudian menyebabkan peradangan pada sendi, terasa panas, bengkak, dan timbul kemerahan.

Nah, kondisi serangan asam urat yang tinggi ini tidak terjadi begitu saja, makanan adalah salah satu hal yang dapat memicu terjadinya serangan asam urat Anda. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki asam urat tinggi sebaiknya mengetahui mana makanan yang dibatasi dan makanan yang dianjurkan agar gejala tidak muncul.

Salah satu makanan dalam bentuk jenis buah yang dapat membantu menangani asam urat ini adalah buah kersen.

Manfaat buah kersen untuk asam urat

Buah kersen adalah buah yang mengandung kadar purin rendah dan mengandung zat flavonoid. Flavonoid adalah antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan akibat penuaan yang disebabkan radikal bebas. Senyawa flavonoid ini yang dapat menghambat enzim yang bernama xantin oksidase. Enzim xantin oksidase ini yang bertugas untuk membentuk asam urat darah.

Selain itu, kandungan air yang tinggi pada buah kesen dapat membantu melarutkan purin yang mengendap di ginjal dan persendian. Kondisi itulah yang membuat buah kersen disebut-sebut mampu mengobati asam urat.

Sebuah penelitian eksperimental tahun 2013 yang dilakukan pada mencit atau tikus kecil telah membuktikan manfaat buah kersen untuk mengatasi asam urat. Dalam studi ini diketahui bahwa pemberian buah kersen dalam bentuk jus dapat memengaruhi penurunan kadar asam urat darah, meskipun penurunan ini tidak setajam menggunakan allopulinol (obat untuk menurunkan asam urat).

Bahkan, di penelitian lain bukan hanya buah kersen itu sendiri yang bisa menurunkan kadar asam urat, melainkan daunnya juga demikian. Penelitian tahun 2009 menunjukan bahwa daun jaiamcan chery atau buah kersen yang memiliki nama latin Muntingia calabura L ini dapat menurunkan kadar asam urat serum.

Meskipun begitu, studi lebih baru tahun 2014 menunjukan bahwa pemberian jus buah kersen tidak memengaruhi kadar asam urat serum yang diberikan selama 8 hari.

Meskipun masih kontroversial, namun memang pada dasarnya buah kersen memiliki kadar antioksidan yang tinggi dan aktivitas zat antioksidannya yang sangat signifikan.

Apakah asam urat bisa diatasi dengan buah kersen?

Meskipun sudah terbukti manfaat buah kersen dapat menurunkan kadar asam urat tapi bukan berarti hanya mengonsumsinya saja bisa mengatasi penyakit ini sepenuhnya. Tetap saja, Anda butuh minum obat asam urat yang dianjurkan oleh dokter.

Obat yang biasanya digunakan adalah allopurinol untuk mengurangi produksi asam urat dalam tubuh. Jika serangan asam urat yang menimbulkan gejala itu terjadi, maka pengobatan yang dipilih adalah NSAID (indometasin, diklofenak, atau ibuprofen) atau kolkisin.

Buah kersen bukanlah obat, namun dapat dijadikan pilihan asupan buah yang tepat untuk para penderita asam urat tinggi. Kandungan flavonoidnya bisa membantu tubuh menjaga kadar asam urat tetap stabil, sehingga buah kersen bisa membantu kerja obat asam urat yang dikonsumsi.

 

1. Buah kersen mengandung antibiotik yang bisa meningkatkan sistem imun

Salah satu permasalahan dunia medis saat ini adalah hampir semua tipe bakteri kebal terhadap antibiotik yang ada. Nah, buah kersen mengandung antibiotik alami yang akan melawan bakteri-bakteri jahat dalam tubuh.

2. Mengandung vitamin C dalam jumlah besar

Setiap 100 gram buah kersen setara dengan 150 mg vitamin C. Supaya daya tahan tubuh kita bagus, kita dianjurkan mengonsumsi vitamin C yang cukup.

 

47 Responses

  1. sky777 apk 9 bulan ago