Makanan Cepat Saji Berbahayakah?

Dampak negatif makanan cepat saji untuk tubuh

Junk food adalah jenis makanan yang tinggi kandungan gula, lemak, garam, dan minyak. Kombinasi inilah, ditambah dengan wangi makanan dan berbagai paduan rasa lainnya, yang membuat makanan terasa nikmat menggoyang lidah. Kemudian, saraf lidah langsung mengirim sinyal untuk merangsang otak memproduksi hormon bahagia dopamin dalam jumlah tinggi.

Selain itu, dilansir dari Huffington Post. Steven Witherly, seorang ilmuwan di bidang makanan, berpendapat bahwa kecanduan junk food juga bisa dipengaruhi oleh kombinasi sensasi yang berbeda dalam satu kali makan. Misalnya krim keju bertekstur lembut yang dioleskan merata di atas sepotong pizza renyah, atau burger dengan isi daging tebal dan juicy yang ditambah beberapa lembar daun selada renyah.

Kombinasi campur aduk ini yang kemudian membuat otak mengartikan makan junk food sebagai suatu pengalaman yang menyenangkan. Sebagai tindak lanjutnya, otak memproduksi lebih banyak dopamin.

Efek membahagiakan dari makan junk food tersebut akan membuat tubuh mengidam secara otomatis, sehingga Anda merasa butuh untuk mengulangi makan lagi. Semakin banyak dan semakin lama Anda terbiasa makan junk food akan membuat efek ketagihan semakin kuat, karena kadar dopamin yang menumpuk dalam tubuh dapat mengganggu fungsi otak.

Kita jadi lemot dan lebih sulit berpikir ketika sudah kecanduan junk food

Sebuah penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition tahun 2011 menunjukkan bahwa individu sehat yang makan junk food selama lima hari berturut-turut mengalami penurunan fungsi kognitif otak. Ini ditandai dengan kurangnya fokus perhatian, kecepatan bertindak, ingatan yang lebih buruk, serta perubahan mood drastis.

Di dalam otak, dopamin dosis tinggi yang dihasilkan setelah makan junk food menghambat kerja hippocampus dan menyebabkan peradangan. Hippocampus merupakan tempat pembentukan dan penyimpanan memori jangka panjang.

Selain itu, makanan tinggi gula dan lemak dapat menurunkan fungsi sinaps otak yang bertanggung jawab untuk pembelajaran dan kemampuan mengingat, serta mengganggu aktivitas peptida otak yang disebut brain-derived neurotrophic factor (BNFD) yang membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan mencegah kerusakan sel otak.

Sebelum terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji, ada baiknya untuk mengetahui berbagai dampak negatifnya terhadap tubuh Anda, yaitu:

1. Menaikkan kadar gula darah dan tekanan darah

Makanan cepat saji umumnya tinggi karbohidrat tetapi minim sekali serat. Karbohidrat sangat mudah dicerna oleh tubuh mencjadi glukosa sehingga gula darah akan meningkat.

Jika kebiasaan ini terus dipertahankan, kondisi ini nantinya bisa mengganggu kerja insulin. Jika insulin sudah tidak mampu bekerja dengan normal maka Anda berisiko terkena berbagai masalah kesehatan seperti diabetes tipe 2 dan obesitas.

Selain itu, makanan cepat saji juga banyak mengandung natrium (garam) dan kolesterol. Jika dikonsumsi sering dapat mengakibatkan peningkatan tekanan darah dan penumpukan plak di pembuluh darah arteri (aterosklerosis).

2. Memunculkan masalah pernapasan

Kalori berlebih yang bersumber dari makanan cepat saji bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang tak terkendali. Akibatnya, Anda memiliki berat badan di atas normal yang membuat risiko asma dan sesak napas meningkat.

Lemak berlebih di dalam tubuh dapat memberikan tekanan pada jantung dan juga paru-paru. Hal ini umumnya ditandai dengan rasa sesak saat berjalan, menaiki dan menuruni tangga, atau saat berolahraga.

Bahkan, dikutip dari Healtline, penelitian membuktikan bahwa anak yang mengonsumsi makanan cepat saji tiga kali seminggu lebih berisiko terkena asma.

3. Membuat tulang dan gigi keropos

Makanan cepat saji banyak mengandung karbohidrat dan juga gula. Kedua bahan ini dapat meningkatkan tingkat keasaman di mulut Anda. Jika mulut terlalu asam, hal ini bisa memecah enamel (lapisan pelindung) gigi. Saat enamel gigi menghilang maka bakteri dapat dengan mudah menetap dan melubangi gigi Anda.

Selain itu, ketika makanan cepat saji membuat Anda menjadi lebih gemuk dari yang seharusnya, maka Anda berisiko tinggi terkena patah tulang saat jatuh. Pasalnya, kepadatan tulang akan menurun dan semakin rapuh karena tidak mampu menopang beban lebih dari kemampuannya.

6 Tips Mudah untuk Mengurangi Kebiasaan Makan yang Tidak Sehat:

1. Buat jadwal makan sehat

Langkah pertama yang tak boleh Anda lewatkan adalah membuat perencanaan makanan (meal plan). Pasalnya, sering kali Anda yang punya niat untuk menjauhi makanan tak sehat akhirnya tidak mampu menahan godaan. Salah satu penyebabnya yaitu karena tidak memiliki perencanaan yang baik, sehingga Anda asal memilih jenis makanan.

Jika Anda memiliki jadwal makan dan telah menyiapkan makanan sehat untuk dikonsumsi saat makan siang ataupun sebagai camilan, maka kecil kemungkinan Anda untuk mengonsumsi makanan lain dengan nilai gizi yang kurang baik. Pada akhirnya, Anda akan lebih menaati aturan yang telah Anda buat sendiri.

Cobalah untuk merencanakan makanan pada hari Minggu untuk seminggu ke depan, atau paling tidak sehari sebelum memulai aktivitas Anda keesokan harinya. Membuat rencana makan juga bisa mengurangi kecemasan Anda akan berapa banyak makanan tidak sehat yang mungkin Anda konsumsi, yang paling penting Anda akan merasa kenyang tanpa khawatir akan efek buruk yang ditimbulkan dari makan makanan yang tidak sehat.

2. Pastikan stok makanan sehat selalu tersedia

Setelah jadwal tersusun rapi, kini saatnya menyediakan bahan-bahan makanan yang Anda butuhkan untuk membuat menu makanan sehat. Caranya dengan berbelanja ke supermarket maupun pasar tradisional, dengan memilah-milah bahan makanan yang sekiranya dibutuhkan untuk menunjang menu sehat Anda. Yang paling penting, tetap patuhi aturan dan jangan membeli makanan tidak sehat.

Memang, di awal mungkin akan terasa sangat sulit. Namun, seiring berjalannya waktu tubuh Anda akan terbiasa dengan makan jenis-jenis sayuran, buah-buahan segar dan kacang-kacangan seperti kedelai, maupun sumber-sumber hewani dengan zat gizi yang baik. Anda akan mendapat semua nutrisi yang Anda butuhkan dari makanan-makanan sehat ini, jadi akan menurunkan keinginan Anda untuk mengonsumsi jenis makanan tidak sehat lainnya.

3. Singkirkan stok makanan tak sehat

Ganti stok makanan tak sehat yang tersimpan di dapur, kulkas, meja, dan berbagai tempat yang biasa Anda gunakan untuk menyimpan makanan, dengan stok makanan sehat yang telah Anda beli. Mungkin terlihat sebagai cara yang sederhana, tapi hal ini bisa mengendalikan pilihan makanan Anda.

Dilansir dari Shape, penelitian menunjukkan bahwa Anda akan cenderung mengonsumsi lebih banyak makanan dengan nutrisi yang kurang baik, saat ia berada di depan mata Anda.

4. Siapkan camilan tinggi nutrisi

Hal yang tak kalah penting untuk mencegah diri Anda dari kecenderungan makan makanan tak sehat adalah dengan selalu menyediakan camilan yang bergizi. Biasanya untuk mengisi waktu luang, terlebih di sore hari, perut akan terasa lapar. Nah, saat-saat seperti inilah yang kadang meningkatkan hasrat Anda untuk menyelingi dengan makanan lain yang tak sehat.

Kuncinya, sediakan makanan sehat dengan kandungan nutrisi baik. Hal ini bisa mencegah keinginan Anda untuk makan makanan tidak sehat. Misalnya, buah alpukat yang memiliki kandungan lemak baik sehingga bisa membuat Anda kenyang lebih lama; salad dengan campuran sayuran dan buah-buahan segar; atau olahan camilan dengan kandungan nutrisi baik seperti dari kacang kedelai, dan lain sebagainya. Jenis makanan ini tak hanya lezat, tapi juga sehat untuk dikonsumsi sebagai camilan sore Anda.

5. Buat perubahan dalam sajian makanan

Jika bosan dengan jenis makanan yang itu-itu saja, coba untuk menambahkan makanan baru yang berbeda ke dalam sajian makanan Anda. Sebab semakin beragam jenis makanan yang dimakan, semakin kecil kemungkinan Anda akan bosan dan menginginkan makanan tidak sehat.

Mungkin Anda belum pernah mencoba beberapa makanan dengan “tampilan” yang tak biasa, seperti sayuran yang berwarna ungu atau merah. Padahal, makan makanan dengan banyak warna memiliki efek positif untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan membantu mencegah terserang penyakit.

6. Tidur yang cukup

Terakhir tapi yang tak kalah penting, usahakan untuk tidur cukup setiap harinya. Mungkin terdengar klise, tapi sebuah studi menunjukkan bahwa waktu tidur yang tidak optimal akan mengakibatkan kelaparan serta kurangnya kemampuan untuk mengendalikan hasrat untuk mengonsumsi makanan tidak sehat, dikutip dari laman Healtline.

Maka dari itu, usahakan untuk menyelesaikan aktivitas Anda lebih cepat pada malam hari dan tidur lebih awal. Selain itu, lebih baik jangan makan dengan jangka waktu terlalu dekat engan waktu tidur Anda. Sebab, perut yang penuh terisi makanan bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan menyulitkan Anda untuk tidur lebih cepat.

60 Responses

  1. gamefly 6 bulan ago
  2. gamefly free trial 6 bulan ago
  3. gamefly 6 bulan ago
  4. g 6 bulan ago
  5. g 6 bulan ago
  6. download minecraft 6 bulan ago
  7. g 6 bulan ago
  8. g 6 bulan ago
  9. minecraft download 6 bulan ago
  10. download minecraft 6 bulan ago
  11. Jarod Sluss 6 bulan ago
  12. gamefly free trial 6 bulan ago
  13. gamefly free trial 6 bulan ago
  14. gamefly free trial 6 bulan ago
  15. quest bars cheap 5 bulan ago
  16. quest bars cheap 5 bulan ago
  17. quest bars 5 bulan ago
  18. quest bars cheap 5 bulan ago
  19. http://tinyurl.com/ 4 bulan ago
  20. quest bars cheap 4 bulan ago
  21. natalielise 4 bulan ago
  22. Russ Singo 4 bulan ago
  23. plenty of fish 4 bulan ago
  24. dating site 3 bulan ago
  25. descargar facebook 3 bulan ago
  26. minecraft games 3 bulan ago
  27. descargar facebook 3 bulan ago
  28. quest bars cheap 3 bulan ago
  29. quest bars cheap 3 bulan ago
  30. minecraft games 2 bulan ago
  31. quest bars cheap 2 bulan ago
  32. minecraft games 2 bulan ago
  33. minecraft games 2 bulan ago
  34. minecraft games 2 bulan ago
  35. minecraft games 2 bulan ago
  36. quest bars cheap 2 bulan ago
  37. Stevevebra 1 bulan ago
  38. quest bars cheap 1 bulan ago
  39. quest bars cheap 1 bulan ago
  40. quest bars cheap 3 minggu ago
  41. quest protein bar 2 minggu ago
  42. www 1 hari ago

Add Comment