Makanan dan Minuman Penambah Stamina

Tidur berkualitas merupakan salah satu cara menjaga dan meningkatkan stamina tubuh setelah beraktivitas seharian. Namun, pada kenyataannya hal itu tidak mudah. Tuntukan pekerjaan dan tingkat stress cukup tinggi menjadikan tidur malam bukan satu-satunya solusi untuk menjaga stamina agar tetap segar dan bugar.

Jika demikian, solusi paling realistis adalah mengkonsumsi makanan maupun minuman penambah stamina tubuh. Karena dengan memenuhi kebutuhan nutrisi tertentu dapat berfungsi untuk membantu memulihkan energi yang hilang maupun menjaga ketahanan tubuh agar senantiasa tetap fit.

Makanan minuman penambah stamina

Referensi minuman dan makanan dibawah ini dapat dikonsumsi secara rutin menjadi menu harian ataupun sebagai “jamu” tatkala tubuh kita mulai terasa membutuhkan tambahan energi. Ataupun ketika masih belum terasa lelah namun jika kondisi pekerjaan dan cuaca sangat tidak baik, ada baiknya mengkonsumsi sumber pangan dibawah ini untuk menjaga stamina agar tubuh tidak mudah ‘drop’.

1. Kacang kedelai

Makanan penambah stamina alami paling mudah ditemukan adalah kacang kedelai. Di Indonesia, kacang kedelai banyak macam dan jenisnya, paling populer sebagai kudapan adalah kedelai edamame. Sumber pangan ini lebih dikenal sebagai nutrisi energi karena fungsi dan kemampuannya dalam memecah karbohidrat menjadi bahan bakar dalam tubuh.

Fungsi tersebut tidak terlepas dari kandungan kacang kedelai yang berupa vitamin B kompleks. Selain itu, kedelai kaya mineral dibutuhkan tubuh seperti tembaga dan fosfor, dimana peran paling menonjol dari kedua mineral tersebut diantaranya untuk mengubah makanan menjadi energi.

2. Kuning telur

Disarankan telur yang dipakai adalah telur ayam kampung. Jikapun terpaksa harus dari ayam petelur (telur), lebih baik memilih telur horn organik, dimana produk semacam ini sudah mulai banyak ditemukan dibeberapa swalayan.

Telur merupakan sumber protein andalan dari berbagai sumber pangan lain yang pernah ada. Selain itu, vitamin D dalam kuning telur sangat baik untuk membentuk tulang kuat. Juga, vitamin B didalamnya juga memiliki peran mengubah asupan makanan menjadi energi.

3. Biji labu

Jangan remehkan sumber pangan satu ini. Labu merah kaya nutrisi, namun biji-nya juga merupakan sumber nutrisi yang baik. Biji labu sangrai bermanfaat memberikan dukungan energi dan rasa kenyang lebih lama selama latihan atau ketika seseorang menjalani aktivitas rutin harian.

Biji labu merupakan sumber mineral yang baik dari seng, magnesium, fosfor dan mangan. Sejumlah mineral tersebut bermanfaat untuk mengatasi kelelahan, meningkatkan mood positif bagi seseorang dengan cara melancarkan aliran darah ke otak serta fungsi-fungsi lainnya yang berhubungan dengan kinerja tulang dan otot.

4. Air putih

Jika ada pertanyaan, apakah minuman penambah stamina?, maka jawaban pertama dan utama adalah air putih (air mineral). Karena berbicara tentang stamina dan daya tahan tubuh, maka hal penting yang patut diperhatikan adalah seputar kecukupan hidrasi seseorang..

Salah satu penyebab seseorang mengalami kelelahan adalah dikarenakan kekurangan cairan dalam sistem metabolisme tubuhnya. Oleh karena itu, pertolongan utama untuk membangkitkan energinya adalah dengan memberikan asupan air putih (minum) secukupnya.

5. Kopi

Minum kopi dalam jumlah sewajarnya dan tidak berlebihan baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan kafein dalam kopi bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan energi. Selain itu juga dapat memperbaiki mood ketika tubuh mengalami kelelahan, meningkatkan fungsi kognitif serta sikap awas (kewaspadaan).

Hubungannya dengan penambah stamina, kafein dalam kopi memiliki peran bukti nyata. Kafein memiliki fungsi merangsang sistem syaraf untuk memberikan informasi pada sel lemak agar memecah lemak yang ada pada tubuh menjadi asam lemak bebas dan mengubahnya menjadi bahan bakar energi.

6. Jeruk nipis

Jeruk nipis hangat dipagi hari merupakan solusi instan dan sehat untuk membangkitkan sistem tubuh anda setelah tidur semalaman. Air jeruk nipis hangat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, selain dapat merangsang sistem syaraf juga baik untuk meningkatkan fungsi sistem pencernaan yang menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami kelelahan.

Jeruk nipis berfungsi sebagai elektrolit dimana sangat penting bagi sel untuk memproduksi energi. Jeruk nipis juga memiliki manfaat untuk memperkuat fungsi jantung serta menyegarkan fungsi otak secara keseluruhan yang memiliki hubungan erat dengan masalah depresi dan pemulihan stress.

7. Kapulaga

Sebelumnya, pada halaman G+ ‘Tips Hidup Sehat’ telah disinggung beberapa manfaat dari kapulaga. Jika dicampur dengan beberapa rempah lainnya, bisa memiliki manfaat sebagai obat tradisional untuk mengusir masuk angin termasuk susah kentut dan perut terasa mual.

Sedangkan kapulaga itu sendiri, salah satu manfaatnya antara lain untuk menjaga kesehatan tulang termasuk mencegah pengeroposan. Selain itu, kapulaga sangat baik digunakan untuk meningkatkan stamina dan energi karena memiliki kemampuan untuk memperlebar jaringan pembuluh darah.

8. Asparagus

Sayuran hijau sebangsa dengan sayur rakyat, genjer. Sayur ini merupakan favorit di dunia kesehatan dan pengobatan tradisional secara alami. Konsumsi sayur asparagus secara rutin dapat menjaga stamina baik pria maupun wanita menjadi lebih kuat dan memiliki daya tahan tubuh lebih baik.

Asparagus memiliki kadar vitamin B sangat tinggi dimana fungsi dasarnya adalah untuk mengkonversi karbohidrat menjadi glukosa. Kandungan seratnya juga memastikan jika sayur ini dapat membantu proses metabolisme dalam tubuh sehingga perubahan makanan menjadi energi menjadi lebih baik.

9. Pisang

Buah pisang adalah makanan super disegala kondisi dan disegala medan. Itulah ilustrasi yang tepat untuk buah yang satu ini. Sebelumnya pernah dibahas seputar kemampuan buah pisang untuk mengusir rasa ngantuk pada jam produktif seperti pagi dan siang hari.

Buah ini wajib dimasukkan kedalam daftar menu pembangkit energi dan penambah stamina. Kandungan utamanya adalah potassium dan vitamin B. Dimana fungsinya adalah untuk membantu memperlambat proses pencernaan, sumber energi serta menjaga gula darah tetap stabil.

Add Comment