Manfaat Keju untuk Kesehatan Anda

Apa itu keju dan bagaimana proses pembuatan keju?

Keju adalah makanan olahan yang terbuat dari susu, didefinisikan sebagai produk segar atau matang yang diperoleh dengan mengeringkan whey (kelembaban atau serum susu asli) setelah koagulasi kasein, protein susu utama.

proses pembuatan keju alami dibuat langsung dari susu. Dalam keju segar yang tidak ditiriskan, dadih yang dipisahkan dari whey dapat digunakan dengan segera, sedangkan dalam keju matang, dadih selanjutnya diproses dengan menambahkan strain bakteri, jamur, ragi yang dipilih. Bakteri, jamur, dan ragi terus mematangkan keju seiring waktu, mengubah rasa dan teksturnya seiring bertambahnya usia.

Kandungan Nutrisi Keju

Keju mengandung banyak nutrisi, termasuk vitamin seperti vitamin C, vitamin B6, vitamin B12, vitamin A, vitamin D, vitamin E dan vitamin K. Vitamin lain seperti thiamin, riboflavin, niacin juga ditemukan dalam berbagai jenis keju. Menambahkannya ke diet Anda juga menyediakan mineral vital tertentu seperti kalsium, natrium, seng, fosfor, kalium, dan zat besi ke tubuh manusia.

Manfaat Keju untuk Kesehatan dan Kecantikan

OK, setelah kita mengenal seluk beluk keju, maka kita akan bahas mengenai beberapa manfaat keju. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

Baik untuk Kesehatan Gigi

Keju memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi, hal pertama dan terpenting yang Anda butuhkan untuk memiliki gigi yang kuat dan sehat. Selain itu, kandungan laktosa sangat rendah. Semakin tua umur keju, semakin rendah kandungan laktosa di dalamnya. Laktosa dan setiap bentuk gula (glukosa, maltosa atau laktosa) dalam makanan tidak bagus untuk gigi.

Menjaga Kesehatan Tulang

Selain memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi, keju juga kaya vitamin B, yang sangat baik untuk anak-anak, wanita (terutama ketika hamil atau menyusui) dan orang tua. Ini sangat baik untuk pembentukan dan penguatan tulang serta tulang rawan. Vitamin B dalam keju membantu penyerapan dan distribusi kalsium yang tepat.

Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit defisiensi yang disebabkan oleh kekurangan kalsium (non-absorpsi), menghasilkan penurunan kepadatan mineral tulang. Hal ini terutama terlihat pada wanita yang telah mengalami menopause, orang tua dan anak-anak yang menderita kekurangan gizi. Ini dapat diobati dengan protein, kalsium dan diet kaya vitamin. Ketiga komponen ini ditemukan dalam keju. Oleh karena itu, keju bisa menjadi menu ideal bagi mereka yang menderita osteoporosis.

Meningkatkan Berat Badan

Keju adalah makanan yang sangat baik untuk menambah berat badan, karena keju sarat akan protein, lemak, kalsium, vitamin dan mineral. Anda membutuhkan protein untuk pembentukan dan pertumbuhan otot, lemak untuk proses berbasis lemak di dalam tubuh, kalsium untuk tulang yang lebih berat dan kuat serta vitamin dan mineral untuk fungsi metabolisme yang lebih baik. Anda hanya perlu makan banyak keju, lakukan olahraga Anda dan tidur dengan jumlah yang cukup.

Mencegah Kanker

Salah satu manfaat keju untuk kesehatan adalah dapat mencegah kanker. Keju mengandung Asam Linoleat terkonjugasi dan Sphingolipid yang memainkan fungsi sangat penting dalam pencegahan kanker. Keju juga mengandung Vitamin B yang mempertahankan fungsi tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit.

Bagi sebagian orang, keju adalah makanan yang perlu dihindari karena kandungan lemak dan garam di dalamnya. Atau karena tidak suka dengan rasanya. Tapi, sebenarnya keju juga memiliki sejumlah nutrisi yang baik untuk tubuh.

Sebagian orang mungkin menyukai keju bahkan menjadikannya camilan, tapi ada juga sebagian orang justru merasa takut untuk mengonsumsinya. Keju merupakan produk makanan yang terbuat dari susu hewan seperti sapi, kambing, atau domba. Berbeda jenis keju, berbeda pula kandungan gizinya. Namun secara umum, keju kaya akan kalsium, protein, vitamin A, B12, fosfor, riboflavin, magnesium, dan seng (zinc) yang merupakan nutrisi penting bagi tubuh.

 

Manfaat Keju Bagi Kesehatan

Satu potong keju dengan berat 40 gram mengandung jumlah kalsium yang hampir sama dengan satu cangkir susu atau yoghurt. Asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan dan cukup memenuhi kebutuhan nutrisi setiap harinya, kandungan yang ada di dalam keju dapat memberikan Anda beragam manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat keju bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

  • Manfaat keju untuk ibu hamil dan menyusui
    Keju mengandung nutrisi yang dibutuhkan ibu dan bayi. Karena Air Susu Ibu (ASI) adalah sumber nutrisi penting bagi bayi, disarankan untuk mengonsumsi keju selama masa menyusui agar membantu dalam pemberian nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi Anda.
    Untuk ibu hamil dianjurkan untuk hanya mengonsumsi keju bertekstur keras seperti cheddar, keju semi-lembut seperti mozzarella, atau keju yang telah melalui proses pasteurisasi (bukan keju yang terbuat dari susu mentah). Beberapa jenis keju tidak aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena rentan menjadi tempat berkembangnya bakteri Listeria yang berbahaya. Ibu bisa mengombinasikan keju dengan makanan sehat lainnya seperti salad, sup, atau roti.
  • Manfaat keju untuk kesehatan gigi
    Beberapa studi mengklaim bahwa bakteri yang ditemukan dalam keju dapat membantu mencegah kerusakan atau kerapuhan gigi. Keju yang dibuat tanpa tambahan gula juga diduga mampu meningkatkan kandungan kalsium dan fosfor dalam enamel gigi, sehingga mengurangi risiko gigi berlubang.
  • Manfaat keju untuk kesehatan
    Sebuah penelitian menunjukkan anak yang secara teratur mengonsumsi keju memiliki kepadatan tulang lebih tinggi daripada mereka yang tidak. Keju dapat menjadi sumber kalsium yang lebih alami dibandingkan dengan suplemen atau vitamin.

Selain beberapa manfaat di atas, keju juga diduga bisa menjadi salah satu cara melindungi diri Anda dari penyakit tertentu, seperti kanker, obesitas (jika yang dikonsumsi jenis keju rendah lemak dan tidak berlebihan), dan penyakit jantung. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa mengonsumsi produk olahan susu yang melewati proses fermentasi, seperti keju dan yoghurt, dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Namun hasil penelitian ini masih kontroversial dan perlu diteliti lebih lanjut. Anda bisa mendiskusikan mengenai rekomendasi porsi keju atau produk susu lainnya bersama dokter sebelum mengonsumsinya.

Keju dan Cara Sehat Menikmatinya

Keju memiliki beragam jenis dan tekstur, seperti keju semi-lembut, keju keras, keju segar, keju biru, keju yang bagian kulitnya dicuci, dan keju yang diproses. Setiap keju ini memiliki kandungan nutrisi yang berbeda, misalnya keju cottage yang termasuk ke dalam jenis keju segar, memiliki banyak kasein, yaitu protein yang dibutuhkan jaringan otot. Beberapa jenis keju juga memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi dibanding dengan keju yang lainnya.

Guna mendapatkan manfaat keju secara optimal, ada baiknya Anda lebih teliti dalam menilai kandungan yang ada di dalam keju yang Anda konsumsi. Pilihlah keju rendah lemak jika Anda ingin menghindari asupan kalori serta lemak yang tinggi.

Setelah memilih keju mana yang akan Anda konsumsi, cobalah untuk mencampurkan keju dengan beragam makanan sehat lain, seperti daging tanpa lemak, buah dan sayuran. Misalnya, mencampurkan keju rendah lemak dengan brokoli dan salmon, keju semi-lembut dengan apel , ataupun dengan potongan roti dan dada ayam.

Keju tidak hanya enak, tapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Konsumsi keju dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan kalsium, protein, fosfor, dan vitamin serta mineral yang dibutuhkan tubuh. Namun, beberapa jenis keju juga mengandung kalori, lemak, dan garam yang tinggi. Oleh karena itu, tetaplah cermat dalam memilih dan mengonsumsi keju.

Add Comment