Manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan

Lidah buaya memang sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat memiliki banyak khasiat yang luar biasa baik itu untuk kesehatan maupun untuk kecantikan,wajah,rambut dan bibir. Sering kita temui adanya produk kecantikan yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasar atau bahan campuran. Tentu sudah tidak perlu kita ragukan lagi khasiat dari lidah buaya itu sendiri.

Apa Anda termasuk orang yang memang sudah biasa menggunakan produk olahan lidah buaya? Tentu saja Anda tau bagaimana bentuk dari lidah buaya itu sendiri bukan? Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang masuk dalam famili xanthorrhoeaceae dan masuk genus aloe. Tanaman ini mudah ditemui di kawasan kering di Afrika. Bentuk tanamannya memang seperti kaktus, namun isi dari daunnya sendiri sangat berlendir.

Lidah buaya memang dikenal memiliki banyak manfaat karena apa yang ada di dalam lidah buaya memang sangat bermanfaat. Kandungan dalam lidah buaya antara lain; protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C.

Daripada memakai lidah buaya secara langsung, tentu Anda lebih sering menggunakan lidah buaya dalam bentuk produk kecantikan yang tentu saja sudah melalui proses kimiawi. Nah daripada Anda harus memakai sudah dalam bentuk kemasan yang tentu saja akan mengurangi khasiat dan manfaat dari lidah buaya itu sendiri, lebih baik Anda menggunakan manfaat lidah buaya secara langsung atau dengan cara tradisional. Apa saja sih manfaat lidah buaya. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak di bawah ini.

 

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan

 

1. Lidah buaya untuk mengatasi iritasi

Kadang tanpa ada sebabnya kulit mengalami iritasi atau radang seperti eksim, psoriasis, atau rosacea. Untuk mengatasi iritasi dan radang tersebut tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengobati dengan menggunakan lidah buaya.

2. Lidah buaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Lidah buaya akan membantu penyerapan vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh secara maksimal sehingga kekebalan tubuh akan meningkat. Anda bisa mengkonsumsi lidah buaya dalam bentuk minuman yaitu jus atau suplemen lidah buaya.

3. Lidah buaya untuk mempercepat penyembuhan luka luar

Aloe vera atau lidah buaya mengandung zat anti-inflamasi yang berguna untuk menyembuhkan luka luar. Dan juga kandungan anti bakteri di dalamnya efektif melawan infeksi yang disebakan oleh bakteri sehingga mempercepat pemulihan luka.

4. Lidah buaya untuk membasmi plak gigi

Lidah buaya yang digunakan sebagai obat kumur untuk mengurangi dan membasmi plak di gigi memiliki efek yang hampir sama dengan chlorhexidine atau obat antiseptik golongan antimikroba.

5. Lidah buaya untuk menjaga kadar asam tubuh

Dengan meminum jus lidah buaya secara rutin, sifat alkalinya akan membantu menjaga kadar asam dalam tubuh atau menyeimbangkan keasaman tubuh.

6. Lidah buaya untuk mengurangi berat badan

Seperti yang telah dibahas pada poin 6, bahwa lidah buaya akan sangat membantu proses detoksifikasi, maka secara langsung juha akan membuat proses metabolisme dalam tubuh meningkat sehingga tidak akan ada timbunan lemak dalam tubuh serta pencernaan akan terjaga kesehatannya.

7. Lidah buaya untuk membantu proses detoksifikasi

Tubuh terkadang membutuhkan waktu untuk mengeluarkan semua racun dalam tubuh atau lebih dikenal dengan proses detoksifikasi. Dengan rajin mengkonsumsi lidah buaya, proses detoksifikasi dalam tubuh akan lebih cepat karena dibantu oleh manfaat lidah buaya itu sendiri.

8. Lidah buaya untuk menjaga kesehatan kardiovaskular

Lidah buaya akan membantu meningkatkan kemampuan difusi sel darah merah serta transportasi oksigen sehingga masalah kesehatan kardiovaskular seperti jantung dapat diminimalisir.

9. Lidah buaya sebagai sumber vitamin dan mineral

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian pembukaan, banyak sekali kandungan lidah buaya yang berguna bagi tubuh kita. Maka dari itu dengan mengkonsumsi lidah buaya, maka kebutuhan vitamin dan mineral kita akan terpenuhi.

10. Lidah buaya sebagai sumber asam amino

Minuman jus lidah buaya mengandung 7 asam amino dari 8 asam amino yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh secara mandiri. Karena itu, lidah buaya dapat memenuhi kebutuhan asam amino Anda.

 

Manfaat Masker Lidah Buaya untuk Kecantikan

  • Melembapkan dan meremajakan kulit wajah.
  • Mengobati jerawat dan komedo pada kulit berminyak.
  • Mengencangkan dan menunda penuaan pada kulit wajah.
  • Mengurangi rasa sakit dan peradangan pada kulit wajah.
  • Menghilangkan noda hitam, bekas luka dan bekas jerawat.
  • Membersihkan kulit hingga ke pori-pori.

 

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

1. Sebagai Pelembab Kulit Wajah

Rutin mengoleskan lidah buaya ternyata bisa membantu menjaga kulit wajah tetap lembab. Hal ini penting karena kulit wajah yang kering dapat memicu berbagai masalah. Mulai dari kulit yang terlalu kering, kuit wajah bersisik, dan tumbuhnya jerawat. Selain itu, mengoleskan lidah buaya pada wajah pun dapat meningkatkan elastisitas kulit.

2. Mencerahkan Wajah

Memiliki kulit wajah yang cerah dan bersinar mungkin menjadi impian bagi sebagian besar wanita. Bukan berarti harus putih, namun kulit cantik dan cerah tidak boleh kusam dan kasar. Nah, salah satu cara untuk merawat dan mendapatkan wajah yang lebih cerah adalah dengan rutin mengoleskan lidah buaya ke wajah.

Lidah buaya mengandung vitamin A dan vitamin E yang dapat membantu kulit wajah menjadi lebih cerah. Perawatan menggunakan gel aloe vera pun dapat membuat wajah tak lagi tampak kusam.

3. Mengobati Jerawat

Mengoleskan gel yang terdapat dalam daging lidah buaya pun bisa membantu mencegah timbulnya jerawat di wajah. Kandungan zat anti-mikroba dan anti-bakteri yang terdapat dalam tumbuhan lidah buaya yang paling berperan dalam mencegah, bahkan mengobati jerawat yang ada di wajah. Gel lidah buaya juga mengandung saponin dan astringent yang berfungsi sebagai antibakteri yang menyerap lemak berlebih di wajah.

4. Menghilangkan Bintik Hitam Pada Wajah

Mengoleskan lidah buaya pada wajah juga dapat membantu menghilangkan bintik hitam dan flek. Bagi sebagian orang, munculnya tanda ini mungkin akan sedikit mengganggu dan merusak penampilan. Namun mengoleskan lidah buaya secara teratur ternyata bisa membantu mengurangi masalah ini.

Cobalah untuk mengoleskan gel lidah buaya secara teratur, setidaknya dua kali dalam satu hari. Selain dengan produk aloe vera gel, kamu juga bisa mencoba membuat sendiri masker lidah buaya yang bermanfaat bagi wajah.

5. Anti Penuaan Dini

Mengoleskan lidah buaya pada wajah juga dapat membantu menghilangkan bintik hitam dan flek. Bagi sebagian orang, munculnya tanda ini mungkin akan sedikit mengganggu dan merusak penampilan. Namun mengoleskan lidah buaya secara teratur ternyata bisa membantu mengurangi masalah ini.

Cobalah untuk mengoleskan gel lidah buaya secara teratur, setidaknya dua kali dalam satu hari. Selain dengan produk aloe vera gel, kamu juga bisa mencoba membuat sendiri masker lidah buaya yang bermanfaat bagi wajah.

 

6 Khasiat lidah buaya untuk rambut sehat

  1. Melawan rambut rontok. Lidah buaya mengandung banyak vitamin dan mineral yang efektif untuk mengobati rambut rontok.
  2. Kondisioner alami. Aloe vera adalah kondisioner rambut alami yang memiliki efek pendinginan.
  3. Mencegah kebotakan. Penipisan rambut membuat Anda jadi botak?
  4. Pelembap alami.
  5. Melawan ketombe.
  6. Mengobati jerawat.

Add Comment