Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

Aloe vera atau lidah buaya, bernama latin aloe barbadensis. Pada jaman mesir kuno, tanaman ini dikenal sebagai ‘tanaman keabadian’ dan merupakan salah satu benda yang dijasikan hadiah penguburan raja-raja mesir. Tumbuh liar di iklim tropis, merupakan salah satu tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai bahan baku industri kecantikan, makanan dan minuman kesehatan. Selain itu juga dikembangbiakkan sebagai tanaman hias.

Rambut cantik dan sehat merupakan idaman bagi setiap wanita. Pasalnya, memang benar jika rambut disebut sebagai mahkota bagi para wanita. Oleh karena itu, kali ini Bacaterus ingin mengajak Anda melakukan perawatan rambut dengan bahan alami. Kita akan merawat rambut dengan menggunakan lidah buaya.

Bagaimana cara menggunakan lidah buaya untuk rambut?

1.Untuk Menghitamkan Rambut

Tidak semua orang Indonesia terlahir dengan rambut hitam menawan. Beberapa di antaranya justru memiliki rambut yang kemerahan atau kecoklatan. Untuk memiliki rambut yang hitam legam dan sehat, Anda tidak perlu memakai produk semir rambut. Pasalnya, Anda dapat memanfaatkan kebaikan lidah buaya untuk menghitamkan rambut.

Cara memakai lidah buaya untuk menghitamkan rambut adalah dengan mengupas kulit lidah buaya setipis mungkin. Kemudian ambil daging lidah buaya dan peras lendirnya. Oleskan lendir lidah buaya pada seluruh bagian rambut, lalu bungkus rambut dengan shower cap selama 1 jam. Setelah itu, bilas rambut dengan air hangat dan biarkan kering secara alami.

2.Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Rambut Rontok

Lidah buaya juga bisa dipakai sebagai perawatan untuk rambut rontok. Shampoo saja tak cukup untuk mengatasi rambut rontok. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan perawatan alami dengan lidah buaya untuk menghentikan kerontokan rambut.

Cara menggunakan lidah buaya untuk rambut lebih tebal sehingga terhindar dari kebotakan adalah dengan memanfaatkan lendir atau gel lidah buaya. Kemudian, oleskan gel ini mulai dari kulit kepala sampai ke ujung rambut. Setelah didiamkan selama 10-20 menit, bilas rambut dengan air bersih.

3.Untuk Rambut Bayi

Banyak cara yang dilakukan oleh para orang tua agar rambut bayinya bisa tubuh sehat dan lebat. Namun, tidak semua produk perawatan rambut khusus bayi aman untuk kulit kepala si kecil yang cenderung sangat sensitif. Solusinya, gunakan gel lidah buaya untuk merawat rambut si bayi.

Cukup oleskan gel lidah buaya di rambut dan kulit kepala bayi dan diamkan selama 10 menit. Sesudah itu bilas rambut bayi dengan air hangat. Perawatan ini bisa membuat rambut si bayi tubuh lebat, hitam, dan sehat. Di samping itu, perawatan dengan lidah buaya ini bisa meredakan gatal di kepala bayi atau mengatasi permasalahan cradle cap.

4.Menghilangkan Ketombe

Ketombe dapat menyebabkan kulit kepala terasa gatal dan mengurangi rasa percaya diri. Sudah menggunakan shampoo anti ketombe tetapi tidak membuahkan hasil? Cobalah perawatan rambut alami dengan menggunakan lidah buaya.Cara menggunakan lidah buaya untuk rambut berketombe adalah masker rambut dengan gel lidah buaya selama 60 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan air sampai benar-benar bersih. Treatment ini bisa dilakukan setiap hari sampai rambut benar-benar bebas dari ketombe.

5.Untuk Rambut Berminyak

 

Manfaat lidah buaya tidak hanya untuk menyuburkan rambut saja, tetapi juga untuk mengatasi minyak berlebih pada rambut. Sebagian dari Anda mungkin tidak tahu bahwa gel lidah buaya dapat berperan sebagai astringent alami untuk menyerap kadar minyak berlebih di rambut maupun kulit kepala.

Cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi rambut berminyak cukup mudah. Anda hanya perlu menambahkan beberapa tetes gel lidah buaya di shampoo yang sudah Anda tuang di telapak tangan. Kemudian, cucilah rambut dengan shampoo yang telah diteteskan dengan lidah buaya tersebut. Dengan pemakaian teratur, kadar minyak di rambut akan berkurang dengan sendirinya.

Add Comment