Manfaat Madu Untuk Perawatan Wajah

Madu yang dihasilkan oleh lebah menawarkan banyak manfaat kesehatan, baik itu untuk kesehatan organ dalam tubuh, kesehatan rambut, hingga kesehatan kulit tubuh dan wajah. Madu yang murni dan organik jauh lebih berkhasiat dan sudah dipercaya sebagai pengobatan dan perawatan alami sejak ratusan tahun lalu. Tanpa efek samping berbahaya, setiap orang dapat menggunakannya secara aman dan inilah berbagai manfaat madu untuk wajah.

1. Membersihkan Kulit

Di dalam madu, ada kandungan enzim alami yang mampu menjadi antiseptik ketika dicampur bersama air sedikit. Air madu ini bisa Anda gunakan sebagai pembersih wajah alami apabila Anda khawatir produk pembersih wajah di luaran tak begitu cocok untuk kulit Anda. Tak usah khawatir ketika menggunakan air madu ini karena kandungan minyak alami pada kulit wajah tak akan berkurang sedikit pun.

2. Melembabkan Kulit

Untuk kulit wajah Anda yang super kering, kasar dan bahkan kiranya bersisik, madu adalah bahan perawatan kulit wajah yang tepat untuk dipakai sehari-hari. Madu dapat Anda manfaatkan sebagai pelembab alami kulit dengan cara mengoleskan langsung madu murni pada wajah Anda. Pemakaian setiap hari tanpa dicampur bahan lainnya akan membuat hasilnya semakin optimal dan meski tak ada campuran lain, justru semakin maksimal Anda memperoleh khasiat madu tersebut

3. Melembutkan Kulit

Selain melembabkan, madu adalah bahan penting juga dalam perawatan kulit karena mampu menjadikan kulit kering nan kasar menjadi kembali lembut. Kulit yang halus serta mulus tentunya merupakan dambaan hampir setiap wanita. Tak perlu bingung lagi karena Anda bisa menggunakan madu untuk pembersih atau pembilas wajah; Anda bisa menggunakan air madu sebagai perawatan wajah.

Anda dapat mengambil beberapa sendok madu secukupnya saja yang kemudian dapat Anda masukkan ke dalam air untuk membasuh wajah. Air yang lalu berubah menjadi air madu tersebut bisa Anda langsung pakai sesering mungkin untuk melembutkan wajah Anda. Asalkan pemakaiannya rutin, Anda dapat memperoleh hasil maksimal dari kandungan baik madu.

4. Menghilangkan Jerawat

Madu organik atau murni juga sangat berperan dalam menghilangkan jerawat pada kulit wajah. Terlepas dari apapun penyebabnya, jerawat akan sangat mengganggu penampilan selain rasa sakit yang ditimbulkannya. Karena dapat menurunkan rasa percaya diri, Anda perlu merawat wajah dengan benar dan madu adalah solusi yang bisa Anda pergunakan.

  • Cara 1: Anda dapat mengambil sedikit madu untuk Anda oles langsung ke bagian jerawat Anda. Tunggulah beberapa saat, sekitar 15 menit, sebelum kemudian Anda boleh membilasnya menggunakan air biasa. Kandungan antibakteri pada madu akan mengempiskan serta memudarkan jerawat secara efektif.
  • Cara 2: Alternatifnya, Anda dapat menjadikan madu sebagai masker wajah alami karena memang manfaat madu untuk masker wajah begitu besar. Caranya adalah dengan mengoles wajah dengan madu serata mungkin tapi awas kena mata. Kemudian Anda bisa mendiamkannya selama 20 menit supaya madu dapat terserap ke dalam kulit. Setelah itu Anda bisa membilasnya memakai air hangat; melakukannya rutin akan menyembuhkan jerawat dan mencegahnya datang kembali.
  • Cara 3: Untuk membuat masker madu untuk wajah, ada lagi cara lain di mana Anda perlu mencampurkannya bersama kayu manis, bubuk kunyit dan juga tepung beras. Campuran keempat bahan tersebut bisa dibuat pasta untuk diaplikasikan ke seluruh wajah yang kemudian bisa dibasuh menggunakan air hangat.
  • Cara 4: Untuk menghilangkan jerawat, ramuan madu lainnya yang bisa dicoba adalah dengan mencampurkannya bersama air garam. Air hangat yang sudah dicampur dengan sesendok teh garam bisa ditambah dengan madu yang kemudian airnya dapat dioleskan menyeluruh ke kulit wajah. Tunggu 15 menit yang kemudian dibilas menggunakan air hangat lalu memakai sabun sampai bersih.

5. Menghilangkan Mata Panda

Bagi Anda yang bingung bagaimana cara untuk menghilangkan mata panda, madu murni adalah solusi tepat. Salah satu manfaat madu bagi wajah cantik Anda adalah mengatasi lingkaran hitam yang mengganggu penampilan.

  • Cara 1: Untuk membuat mata panda hilang dan mencegahnya kembali, sediakan saja sesendok teh madu organik atau murni yang bisa langsung Anda oles pada area kulit mata. Tunggulah 20 menit baru Anda bilas memakai air biasa. Melakukan perawatan ini seminggu 2 kali secara rutin dijamin bakal memudarkan lingkaran hitam.
  • Cara 2: Campurkanlah madu secukupnya dengan minyak almond sedikit yang kemudian Anda bisa pakai dengan mengaplikasikannya ke area mata panda Anda. Bersihkan dengan membilasnya setelah Anda mendiamkan kurang lebih 10-15 menit. Perawatan rutin dengan metode ini lebih disarankan agar membuat kulit wajah di area mata tampak segar.

6. Merawat Keindahan Bibir

Tak salah lagi bila Anda memilih madu sebagai bahan perawatan bibir karena manfaat madu untuk bibir cukup besar. Bibir yang kering dan pecah-pecah tentunya membuat Anda sendiri merasa tak nyaman, maka keindahannya harus selalu dijaga supaya tetap tampil cantik dan sehat.

  • Caranya: Mungkin belum banyak yang tahu bahwa madu dapat dijadikan scrub bibir. Untuk bibir yang lembut dan cantik, silakan coba mencampurkan sesendok teh madu murni dengan sesendok teh gula merah masih ditambah jua dengan jus lemon beberapa tetes saja. Larutan ini dapat diaplikasikan ke bibir sambil digosok-gosok perlahan agar sel-sel kulit mati pada bibir mudah terkelupas; lakukan proses menggosok selama 5 menit. Barulah Anda bisa membilas bibir Anda dengan air biasa.

7. Mencegah Penuaan Dini

Kaya akan antioksidan, tentunya madu juga bisa diandalkan sebagai pencegah penuaan dini. Penuaan dini biasanya ditandai dengan munculnya garis halus serta kerutan pada wajah. Jadi untuk merawat wajah dan menjauhkan dari masalah kulit tersebut, Anda bisa menggunakan madu murni baik dari dalam maupun dari luar. Hanya dengan mengoleskan madu pada wajah secara merata setiap hari, wajah Anda akan bebas dari kerutan dan garis halus.

8. Menyembuhkan Luka

Kulit wajah Anda mungkin kini sedang memiliki luka di beberapa bagian, dan Anda tak tahu bagaimana caranya agar dapat membuat luka tersebut hilang, madu adalah solusinya. Apabila luka pada wajah Anda sedang dalam tahan pemulihan atau penyembuhan, gunakan madu sebagai penolong. Karena ada kandungan antimikroba di dalam madu beserta gula, ini akan menyembuhkan kulit lebih cepat. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi madu untuk mengatasi infeksi dan luka.

9. Menjaga Kecantikan Kulit

Madu sangat baik dalam menjaga kecantikan kulit karena kandungan akan sifat antioksidannya sangat tinggi. Kulit akan senantiasa cantik, lembab dan lembut berkat kandungan nutrisi di dalamnya juga, seperti magnesium, kalsium serta kalium. Nutrisi-nutrisi itulah yang akan membantu sel kulit baru muncul menggantikan yang lama dan sudah mati.

10. Meregenerasi Kulit

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, madu berperan besar dalam mempercantik kulit dan semua itu berkat kalsium, kalium dan magnesiumnya. Nutrisi tersebut berfungsi mengangkat sel-sel kulit wajah yang mati dan menggantikannya dengan sel-sel kulit baru. Proses tersebut yang dinamakan dengan regenerasi kulit sehingga menjadikan kulit bebas dari masalah serta kerusakan.

Add Comment