Yang Harus Di Perhatikan Saat Menggunakan High Heels

Ketika berbicara mengenai fashion bagi wanita, tidak ada yang dapat mengalahkan sepasang high heels yang menawan. Ya, sepatu hak tinggi atau high heels akan membuat kaki Anda terlihat lebih panjang, tubuh terlihat lebih ramping, dan keseluruhan penampilan Anda menjadi lebih rapih. Sayangnya bagi beberapa wanita, hal itu juga membuat mereka tersiksa. Untuk memakai sepatu-sepatu ini dengan nyaman, Anda memerlukan strategi untuk membuat heels-nya bekerja untuk Anda, bukan melawan Anda.

 

“Beauty is pain”, mungkin itulah kata yang tepat bagi para wanita saat mengenakan high heels atau alas kaki hak tinggi. Sederhana saja, semua wanita pasti ingin terlihat cantik dan sempurna. Namun untuk mewujudkannya tak sesederhana itu, banyak wanita melakukan operasi plastik, menggunakan make-up tebal, memakai pakaian seksi hingga mengenakan stiletto untuk memaksimalkan penampilan mereka menjadi lebih cantik, seksi dan anggun.

high heels memang dianggap sebagai simbol keanggunan bagi banyak orang. Tak heran jika banyak wanita rela menderita saat memakainya untuk dapat menunjang penampilannya. Tak hanya itu saja, model dan jenis high heels kini juga sangat beragam macamnya sehingga banyak wanita tak tahan untuk tidak memilikinya meskipun mereka tahu bahwa sepatu-sepatu tersebut tidak senyaman dan seindah bentuknya saat dipakai.

Berikut ini tips memakai high heels dengan benar:

1. Hindari pointed shoes alias sepatu dengan ujung jari runcing

Sepatu hak tinggi jenis ini akan menekan jari-jari kaki Anda bersamaan dan akan menimbulkan benjolan pada kaki atau bahkan cedera.

Selain itu, hindari juga sepatu yang memiliki heels sangat tipis karena sepatu ini memberikan tekanan yang besar untuk kaki Anda dan mata kaki Anda. Cara untuk mengetahui apakah jari kaki Anda memiliki ruang yang cukup adalah apabila jika Anda bisa menggoyangkannya dengan leluasa tanpa masalah.

2. Belilah ukuran yang tepat

Ini sudah jelas. Tetapi kapan terakhir kali kaki Anda diukur saat membeli sepatu? Para ahli sependapat bahwa kaki dapat membesar seiring dengan pertambahan usia, bahkan kondisi seperti kehamilan juga memengaruhi ukuran sepatu Anda.

Itulah mengapa sangatlah penting untuk mengukur kaki setiap saat membeli sepatu baru. Pastikan ada jarak antara jari terpanjang Anda dengan ujung sepatu, untuk memberikan ruang bagi jari kaki Anda. Untuk sepatu hak tinggi, hal ini berarti Anda harus mengambil ukuran yang lebih besar agar nyaman.

3. Ujung sepatu bulat adalah yang terbaik

Ya, sepatu hak tinggi model rounded-toed, alias sepatu berujung bulat memang memberikan ruang yang cukup untuk jari-jari kaki sehingga membuat kaki Anda berada pada posisi yang alami.

Selain menghindari sakit pada jari kaki terutama jempol, sepatu high heels model ini juga nyaman untuk dipakai sehari-hari. Beruntungnya model sepatu dengan ujung kaki bulat nampaknya selalu tren di setiap musim. Jadi, Anda pun tak akan kesulitan untuk menemukan sepatu hak tinggi model seperti ini.

4. Jangan gunakan yang terlalu tinggi

Anda dapat menggunakan heels dengan tinggi 2-5 cm yang masih cukup nyaman saat dikenakan. Hindari heels dengan tinggi 7-10 cm atau bahkan lebih, yang akan menempatkan tekanan pada mata kaki dan tulang di bagian depan kaki Anda.

5. Ukur lebar kaki Anda

Lebar kaki Anda tak kalah penting dari panjangnya. Banyak sepatu yang menggunakan lebar kaki standar. Tetapi jika Anda memiliki kaki yang lebih lebar, sepatu dengan lebar standar tidak akan membuat Anda nyaman.

Ketika Anda menemukan sepasang sepatu yang Anda suka, lihat apakah mereka memiliki lebar sepatu yang cukup; jika tidak, pembuat sepatu biasanya dapat melebarkan sepatu untuk memberikan ruang bagi kaki, meningkatkan kenyamanan pada kaki Anda.

6. Gunakan bantalan

Jika sepatu Anda kurang nyaman, saatnya mempertimbangkan bantalan. Banyak sepatu yang tidak menyediakan bantalan yang cukup pada bagian-bagian yang memerlukan bantalan, misalnya tepat di bawah mata kaki Anda.

Bantalan dapat menopang kaki dan membuatnya lebih nyaman, terutama ketika Anda menggunakan sepatu hak tinggi, di mana semua berat tertumpu pada bawah mata kaki Anda. Anda dapat membeli bantalan atau in-sole ini di beberapa toko sepatu atau di tempat reparasi sepatu.

7. Perhatikan langkah

Bagi kita yang masih canggung menggunakan high heels, solusinya adalah dengan terus menggunakannya sampai benar-benar terbiasa. Saat menggunakan high heels sebaiknya jangan ayunkan atau daratkan kaki kamu sekaligus tapi mulailah dengan mendaratkan bagian tumit terlebih dahulu. Ini akan membuat kita berjalan lebih natural dan nyaman.

Add Comment